Rahasia Membuat Murai Batu Juara

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by Unknown Rabu, 18 September 2013 0 komentar
Rahasia Membuat Murai Batu Juara begitu penting, apalagi jenis medan super, di indonesia burung Muraibatu banyak di di jumpai di pulau Sumatra Kalimantan dan Jawa . Burung ocehan ini cukup banyak sekali di cari oleh para pecinta kicau burung mania untuk di jadiakan pasukan burung andalanya untuk di perlombakan di kelas Murai Batu, "sampai disini kita sudah ngiler ya.. ".ujar fafan fido bin faruk  :D . awas efek murai batu di pegang tangan berbahaya bila burung anda masih belum terbiasa ikut kompetisi lomba, dikhawatirkan mental klangenan anda jadi turun, ini berlaku juga pada Cucakrowo, murai batu medan, kacer dada hitam, kenari, perkutut. Bila pada cendet juara maka malah bisa saja tangan anda yang di gigit (patuk) oleh pentet itu sendiri. :D

Persiapan sebelum burung murai batu anda di gantangkan diarena lomba cukup riskan bahkan penting, bila kita sembrono dikhawatirkan kinerja burung berkurang. Kita berharap Juara Berikut tehnik serta caranya :
  • Burung murai batu anda yang ingin dilombakan, H-7 jagoan anda sembunyikan dari suara burung yang dapat memicu tempurnya, hal ini  tentu mempunyai tujuan agar diharapkan burung tidak habis tenaga saat berada di arena perlombaan, kecuali kalau bunyinya wajar dan terjaga staminanya. Pemberian pakan juga pada porsi yang wajar atau biasa saja. kalau bisa janganlah melakukan penambahan porsi makannya, begitupun dengan type pakannya, ditakutkan penambahan/perubahan itu jadi dapat bikin burung kaget hingga di lapangan kelak pola tampilannya akan beralih turun performanya.
  • Kondisikan burung murai batu dengan situasi lapangan lomba. Sebelum saat perlombaan dilaksanakan anda dapat mengamati lokasi perlombaan itu berbentuk apa, apakah jenis terbuka atau sebaliknya, bagaimana intensitas sinar yang mengenai area itu. Dengan demikian anda dapat lakukan treatmen burung murai anda agar bisa mengkondisikan di tempat yang baru dengan suhu yang berbeda.
  • Hindari burung kita dari gangguan hewan lain. Perhatian intensif sebelum saat perlombaan penting untuk melindungi mental burung murai. Jauhkan burung murai dari suara hewan penggangu lain atau apa pun yang membuatnya takut serta trauma. Rasa takut berkelanjutan itu dapat bikin mental burung murai tidak stabil lagi, serta lebih parahnya, kemungkinan gaco anda akan giras seperti bakalan ( tidak menentu ) saat perlombaan.

Untuk Perawatan harian juga penting sob, coba ikuti langkah dibawah, siapa tau cocok dan pas pada klangenan anda.

  • Pada Pukul 07.00, burung dikeluarkan, krodong dibuka dan dijemur sekitar 10 menit.
  • Setelah itu, burung dimandikan dalam karamba selama 15 menit.
  • Usai mandi, burung dianginkan sebentar selama 10 menit sambil diberi 1 sendok ulat kandang, 1 cepuk kroto, dan 5 ekor jangkrik.
  • Setelah diangin-anginkan, burung langsung dikerodong hingga sore.
  • Pada jam 16.00, kerodong dibuka, dianginkan sebentar sambil diberi menu tambahan 5 ekor jangkrik.
  Setelah itu burung dikerodong lagi sampai pagi.

Burung murai medan di tempatkan pada lokasi tersendiri, agar tidak mendengar suara burung lain seperti kacer dan tledekan. Dengan demikian, diharapkan dia bisa beristirahat dan tidak fight terus selama di rumah.

Perawata Lomba Burung Murai Batu
  •     Mulai Jumat, menu jangkrik ditambah menjadi 10 ekor pada pagi dan 10 ekor pada sore hari. Porsi menu lainnya tidak berubah.
  • Hari Minggu, sebelum berangkat ke lomba, burung dimandikan dimandikan, kemudian diberi 15 ekor jangkrik dan kroto satu cepuk.
  • Saat di lapangan, burung sudah tidak diberi jangkrik lagi, tetapi 5 ekot ulat hongkong untuk mendongkrak tenaga dan power selama bertarung melawan pesaingannya.

Mari kita galakkan pelestarian burung murai batu, mohon maaf lahir & batin, semoga kita selalu mendapatkan bimbingannya. amin ya robbal alamiin.". artikel diatas tentang Rahasia Membuat Murai Batu Juara
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Rahasia Membuat Murai Batu Juara
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://carapenangkaran.blogspot.com/2013/09/rahasia-membuat-murai-batu-juara.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Jual Piyek Burung support Penangkaranburung - Original design by Bamz | Copyright of Penangkaran, Ternak, Burung, Cucak Rowo, Murai Batu, Kacer, Love Bird, Kenari.